Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Kemudi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII TKR SMK N 1 Puring Tahun Ajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Rahmadi
dc.date.accessioned 2018-02-06T08:04:35Z
dc.date.available 2018-02-06T08:04:35Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1539
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk mengembangkan media pembelajaran worm steer menggunakan media stand worm steer. 2) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran worm steer menggunakan stand worm steer dan 3) Pengaruh media pembelajaran worm steer menggunakan stand worm steer terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini menggunakan metode Reseach and Development (R & D) menggunakan 8 langkah penelitian dengan subjek penelitian, yaitu kelas A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 25 mahasiswa dan kelas B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 25 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner (angket) untuk mengetahui kelayakan media yang digunakan untuk penelitian. Uji analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t-test. Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa media pembelajaran stand worm steer yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada kompetensi sistem kemudi, di SMK N 1 Puring. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil validasi yang dilakukan oleh dosen ahli media yang menunjukkan hasil 82.5% dari skor kriterium, validasi oleh dosen ahli materi yang menunjukkan hasil 80.00% dari skor kriterium. Media pembelajaran worm steer juga telah memenuhi kriteria kualitas media pembelajaran. Hal ini ditunjukkan melalui respon mahasiswa yaitu meliputi uji coba kelompok kecil memperoleh 82.00% yang meliputi 5 siswa dan uji coba kelompok besar memperoleh skor 79.00% yang meliputi 25 siswa. Pada hasil belajar siswa menunjukkan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media stand worm steer dan yang menggunakan media stand worm steer. Setelah diuji prasyarat analisis data disimpulkan berdistribusi normal dan homogen, melalui uji t-tes dengan taraf kesalahan 5%, hasilnya t hitung lebih besar dari harga t-tabel yaitu 9,025 > 2.060. Dengan demikian terjadi perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan media pembelajaran stand worm steer. en_US
dc.publisher PTO-FKIP en_US
dc.subject Media Pembelajaran, Stand Worm Steer, Hasil Belajar en_US
dc.title Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Kemudi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII TKR SMK N 1 Puring Tahun Ajaran 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account