Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Persepsi Siswa
pada Kurikulum 2013 terhadap Minat Belajar Siswa dan (2) Pengaruh Persepsi
Siswa pada Kurikulum 2013 terhadap Hasil Belajar Siswa.
Populasi penelitian ini adalah siswa Kelas XI IPA SMA Negeri se-
Kabupaten Purworejo yang berjumlah 1030 siswa. Sampel penelitian yang
diambil menggunakan teknik proportionate stratified random sampling sebanyak
234 siswa. Pengumpulan data dengan metode kuesioner atau angket dan metode
dokumentasi. Metode kuesioner untuk mengumpulkan data Persepsi Siswa pada
Kurikulum 2013 dan Minat Belajar Siswa, sedangkan metode dokumentasi untuk
mengetahui Hasil Belajar Siswa. Uji coba instrumen penelitian dengan uji
validitas dan uji reliabilitas dilakukan terhadap 30 siswa di dalam populasi diluar
sampel. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi
sederhana untuk hipotesis pertama dan kedua. Sebelum analisis data terlebih
dahulu diadakan pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas, dan
linearitas.
Hasil penelitian ini adalah: (1) Terdapat Pengaruh positif dan signifikan
Persepsi Siswa pada Kurikulum 2013 terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI IPA
di SMA Negeri se-Kabupaten Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016 yang
ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,253 dan nilai thitung sebesar
4,779> ttabel 1,984 dengan koefisien determinasi sebesar 9% variabel ini
mempengaruhi Minat belajar Siswa. (2) Terdapat Pengaruh positif dan signifikan
Persepsi Siswa pada Kurikulum 2013 terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA
di SMA Negeri se-Kabupaten Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016 yang
ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,010 dan nilai thitung sebesar
2,944 > ttabel 1,984 dengan koefisien determinasi sebesar 3,6% variabel ini
mempengaruhi Hasil Belajar Siswa.