Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menerapkan penelitaian
tindakan klas dengan metode pembelajaran project based learning dalam
pembelajaran mata diklat Pemeliharaan sistem bahan bakar bensin, 2)
mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran project based learning
terhadap motivasi belajar siswa, dan 3) mengetahui pengaruh penerapan
pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa.
1) Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas.
Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian tindakan
ini adalah mahasiswa semester 6 Program pendidikan otomotif
Universitas Muhammadiyah Purworejo tahun ajaran 2016/2017, yang
berjumlah 22 orang yang terdiri dari 21 mahasiswa laki-laki dan 1
mahasiswa perempuan. Aspek yang diteliti meliputi kegigihan, tingkah
laku, dan aktivitas mahasiswa yang menunjukkan motivasi belajar siswa
dan tindakan pembelajaran yang ditunjukkan oleh dosen sebagai
indikator keterlaksanaan pembelajaran project based learning. Setelah
data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskripsi
persentase. Analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif untuk
mencari persentase rata-rata motivasi dan hasil belajar siswa.
Hasil penelitian ini adalah bahwa motivasi dan hasil belajar siswa
meningkat dari tiap siklusnya. 2) Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya
skor rata-rata motivasi mahasiswa dari pra siklus dengan persentase
53,99% berkategori kurang, naik menjadi 67,78% berkategori cukup dan
semakin meningkat pada siklus II yaitu sebesar 73,90%. 3) Hasil belajar
siswa dapat dilihat dari meningkatnya hasil pembelajaran dengan
menerapkan pembelajaran project based learning berdasarkan persentase
siswa yang memenuhi standar kompetensi pada pra siklus sebesar 32%,
pada siklus I meningkat sebesar 48% naik menjadi 81% pada siklus II.