Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Upaya Peningkatan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Dengan Metode Project Based Learning Pada Sistem Bahan Bakar Bensin”. Program Keahlian Pendidikan teknik otomotif universitas muhammadiyah Purworejo

Show simple item record

dc.contributor.author Rafiulhaq, Fakhrur
dc.date.accessioned 2018-02-06T08:10:00Z
dc.date.available 2018-02-06T08:10:00Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1541
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menerapkan penelitaian tindakan klas dengan metode pembelajaran project based learning dalam pembelajaran mata diklat Pemeliharaan sistem bahan bakar bensin, 2) mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran project based learning terhadap motivasi belajar siswa, dan 3) mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa. 1) Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian tindakan ini adalah mahasiswa semester 6 Program pendidikan otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo tahun ajaran 2016/2017, yang berjumlah 22 orang yang terdiri dari 21 mahasiswa laki-laki dan 1 mahasiswa perempuan. Aspek yang diteliti meliputi kegigihan, tingkah laku, dan aktivitas mahasiswa yang menunjukkan motivasi belajar siswa dan tindakan pembelajaran yang ditunjukkan oleh dosen sebagai indikator keterlaksanaan pembelajaran project based learning. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskripsi persentase. Analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif untuk mencari persentase rata-rata motivasi dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah bahwa motivasi dan hasil belajar siswa meningkat dari tiap siklusnya. 2) Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya skor rata-rata motivasi mahasiswa dari pra siklus dengan persentase 53,99% berkategori kurang, naik menjadi 67,78% berkategori cukup dan semakin meningkat pada siklus II yaitu sebesar 73,90%. 3) Hasil belajar siswa dapat dilihat dari meningkatnya hasil pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran project based learning berdasarkan persentase siswa yang memenuhi standar kompetensi pada pra siklus sebesar 32%, pada siklus I meningkat sebesar 48% naik menjadi 81% pada siklus II. en_US
dc.publisher PTO-FKIP en_US
dc.subject metode pembelajaraan project based learning, motivasi belajar, hasil belajar en_US
dc.title Upaya Peningkatan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Dengan Metode Project Based Learning Pada Sistem Bahan Bakar Bensin”. Program Keahlian Pendidikan teknik otomotif universitas muhammadiyah Purworejo en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account