dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui bagaimana peningkatan
berpikir kreatif matematis setelah dilakukan pembelajaran dengan pendekatan
Open Ended dan 2) untuk mengetahui bagaimana peningkatan representasi
matematis setelah dilakukan pembelajaran dengan pendekatan Open Ended.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Tahap
penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri
dari 3 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa MTs Negeri Loano kelas VIII
C tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data
menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dengan
analisis kualitatif dan analisis kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan
pendekatan pembelajaran Open Ended dapat meningkatkan 1) berpikir kreatif
matematis yaitu siswa mampu menghasilkan ide/gagasan dalam pemecahan
masalah, mampu menyelesaikan permasalahan dengan berbagai cara, mampu
menyelesaikan permasalahan dengan langkah-langkahnya sendiri, dan mampu
menyelesaikan permasalahan dengan membuat rincian masalah secara detil
dengan perolehan rerata persentase siklus I yaitu 64,81% dengan kategori cukup.
Pada siklus II mengalami kenaikan menjadi 76,67% pada siklus II dengan
kategori baik. 2) representasi matematis yaitu siswa mampu menuangkan
informasi yang didapat ke dalam diagram grafik ataupun tabel, mampu membuat
diagram grafik ataupun tabel sebagai perantara untuk menyelesaikan masalah,
mampu menyajikan masalah ataupun informasi dengan menggunakan simbolsimbol
matematis, mampu menggunakan simbol-simbol matematis dengan benar,
mampu menuliskan langkah-langkah dalam menyelesaikan masalah, mampu
menyampaikan pendapat dari informasi yang diperoleh, dan berani
mengungkapkan hasil yang diperoleh dengan rerata persentase siklus I yaitu
61,48% dengan kategori cukup. Pada siklus II mengalami kenaikan menjadi
83,42% dengan kategori baik. |
en_US |