Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Peningkatkan Berpikir Kreatif dan Representasi Matematis dengan Pendekatan Open Ended pada Siswa Kelas VIII C MTs Negeri Loano Tahun Pelajaran 2017/2018.

Show simple item record

dc.contributor.author Nurjanah, Siti
dc.date.accessioned 2018-02-06T08:10:25Z
dc.date.available 2018-02-06T08:10:25Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1542
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui bagaimana peningkatan berpikir kreatif matematis setelah dilakukan pembelajaran dengan pendekatan Open Ended dan 2) untuk mengetahui bagaimana peningkatan representasi matematis setelah dilakukan pembelajaran dengan pendekatan Open Ended. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Tahap penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa MTs Negeri Loano kelas VIII C tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dengan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan pembelajaran Open Ended dapat meningkatkan 1) berpikir kreatif matematis yaitu siswa mampu menghasilkan ide/gagasan dalam pemecahan masalah, mampu menyelesaikan permasalahan dengan berbagai cara, mampu menyelesaikan permasalahan dengan langkah-langkahnya sendiri, dan mampu menyelesaikan permasalahan dengan membuat rincian masalah secara detil dengan perolehan rerata persentase siklus I yaitu 64,81% dengan kategori cukup. Pada siklus II mengalami kenaikan menjadi 76,67% pada siklus II dengan kategori baik. 2) representasi matematis yaitu siswa mampu menuangkan informasi yang didapat ke dalam diagram grafik ataupun tabel, mampu membuat diagram grafik ataupun tabel sebagai perantara untuk menyelesaikan masalah, mampu menyajikan masalah ataupun informasi dengan menggunakan simbolsimbol matematis, mampu menggunakan simbol-simbol matematis dengan benar, mampu menuliskan langkah-langkah dalam menyelesaikan masalah, mampu menyampaikan pendapat dari informasi yang diperoleh, dan berani mengungkapkan hasil yang diperoleh dengan rerata persentase siklus I yaitu 61,48% dengan kategori cukup. Pada siklus II mengalami kenaikan menjadi 83,42% dengan kategori baik. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject Berpikir kreatif, Representasi matematis, Open Ended en_US
dc.title Peningkatkan Berpikir Kreatif dan Representasi Matematis dengan Pendekatan Open Ended pada Siswa Kelas VIII C MTs Negeri Loano Tahun Pelajaran 2017/2018. en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account