dc.description.abstract |
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar
siswa. Prestasi belajar yang dimaksud adalah hasil belajar siswa dari setiap pembelajaran
yang meggunakan alat peraga dibuktikan dengan data nilai setelah evaluasi dilakukan.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan metode
member angket pertanyaan dan menggunakan metode pengumpulan dokumen ataupun
arsip yang dibutuhkan dalam penelitian. Metode analisis data dengan menggunakan Uji
Validitas untuk perhitungan manual dengan menggunakan rumus korelasi product
moment didapat nilai (rxy = 0,701) > ( r table = 0,514 ) maka disimpulkan data tersebut
berkorelasi dan valid. Uji releabilitas dengan menggunakan rumus Alpha didapat nilai
reliable sebesar (r = 0,946 > r table = 0,514) dengan N = 15, taraf signifikansi = 95%,
maka disimpulkan data tersebut reliable. Analisa dengan menggunakan regresi sederhana
dengan menggunakan program SPSS 15.0 didapatkan (Program Peningkatan (Y) =
65,289 + 0,098 Penggunaan Alat (X)
Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan
alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. terlihat bahwa dari 88 subyek
yang diteliti, sebanyak 19 siswa atau sebesar 21,6 % mempunyai tingkat
penggunaan alat peraga sangat tinggi, sebanyak 59 siswa atau sebesar 67,1 %
mempunyai tingkat penggunaan alat peraga yang tinggi, dan sebanyak 10 siswa
atau sebesar 11, 4 % mempunyai tingkat penggunaan alat peraga yang rendah.
Dari hasil perhitungan koefisien korelasi r = 0,861 dan besarnya kontribusi X
terhadap Y dilihat pada nilai r² = 0,743 = 74,3 % ( menunjukkan nilai yang
lumayan). Artinya variasi prestasi belajar dipengaruhi oleh penggunaan alat
peraga sebesar 74,3% dan sisanya 25,7% dipengaruhi faktor lain selain
penggunaan alat peraga. |
en_US |