Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Servis Engine Otomotif Siswa Kelas XI Program Teknik Kendaraan Ringan SMK NU Lasem Tahun Ajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Ubaidillah, Syarif
dc.date.accessioned 2018-02-06T08:11:56Z
dc.date.available 2018-02-06T08:11:56Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1543
dc.description.abstract Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa. Prestasi belajar yang dimaksud adalah hasil belajar siswa dari setiap pembelajaran yang meggunakan alat peraga dibuktikan dengan data nilai setelah evaluasi dilakukan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan metode member angket pertanyaan dan menggunakan metode pengumpulan dokumen ataupun arsip yang dibutuhkan dalam penelitian. Metode analisis data dengan menggunakan Uji Validitas untuk perhitungan manual dengan menggunakan rumus korelasi product moment didapat nilai (rxy = 0,701) > ( r table = 0,514 ) maka disimpulkan data tersebut berkorelasi dan valid. Uji releabilitas dengan menggunakan rumus Alpha didapat nilai reliable sebesar (r = 0,946 > r table = 0,514) dengan N = 15, taraf signifikansi = 95%, maka disimpulkan data tersebut reliable. Analisa dengan menggunakan regresi sederhana dengan menggunakan program SPSS 15.0 didapatkan (Program Peningkatan (Y) = 65,289 + 0,098 Penggunaan Alat (X) Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. terlihat bahwa dari 88 subyek yang diteliti, sebanyak 19 siswa atau sebesar 21,6 % mempunyai tingkat penggunaan alat peraga sangat tinggi, sebanyak 59 siswa atau sebesar 67,1 % mempunyai tingkat penggunaan alat peraga yang tinggi, dan sebanyak 10 siswa atau sebesar 11, 4 % mempunyai tingkat penggunaan alat peraga yang rendah. Dari hasil perhitungan koefisien korelasi r = 0,861 dan besarnya kontribusi X terhadap Y dilihat pada nilai r² = 0,743 = 74,3 % ( menunjukkan nilai yang lumayan). Artinya variasi prestasi belajar dipengaruhi oleh penggunaan alat peraga sebesar 74,3% dan sisanya 25,7% dipengaruhi faktor lain selain penggunaan alat peraga. en_US
dc.publisher PTO-FKIP en_US
dc.subject Prestasi belajar, Alat Peraga en_US
dc.title Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Servis Engine Otomotif Siswa Kelas XI Program Teknik Kendaraan Ringan SMK NU Lasem Tahun Ajaran 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account