dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh kebiasaan
belajar siswa terhadap hasil belajar Memelihara Sistem Transmisi pada siswa tingkat
XI SMK NU Lasem tahun pelajaran 2016/2017.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan
metode angket. Metode dokumentasi meliputi nama dan nilai rapor kompetensi
Memelihara Sistem Transmisi. Angket yang digunakan dalam penelitian ini adalah
model angket langsung dan tertutup. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas tingkat
XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK NU Lasem tahun pelajaran
2016/2017 terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa 113. Dengan teknik pengambilan
data sampel model proporsional random sampling yang disesuaikan dengan tabel
Kerjcie. Jadi dari 113 populasi diambil sebanyak 84 sampel. Validitas dan reliabilitas
uji instrument dengan rumus product momen dan diujikan pada 15 responden. Data
yang diperoleh dianalisis dengan teknik Regresi Linier Sederhana menggunakan
program komputer Statistical Program for Social Science (SPSS) versi 15.0 for
windows.
Hasil dari penelitian adalah perhitungan uji normalitas diperoleh nilai
Kolmogorov–Smirnov Z masing-masing sebesar 1.059 dan 0.965. Hal ini berarti
bahwa sebaran data berdistribusi normal. Untuk hasil analisis regresi sederhana
diperoleh nilai korelasi antara kebiasaan belajar (X) dan prestasi belajar (Y) sebesar
0,374 koefisien determinasi (r2) sebesar 0,140 atau 14% yang digambarkan dengan
persamaan Y= 65,289 + 0,98 X. Analisa kelinearan regresi diperoleh Fhitung = 13,300
yang memiliki hubungan yang positif dan signifikan. Dari hasil tersebut dapat
disimpulkan bahwa ada pengaruh kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar
Memelihara Sistem Transmisi pada siswa tingkat XI SMK NU Lasem tahun pelajaran
2016/2017. |
en_US |