Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) seberapa besar peningkatan
prestasi belajar mata pelajaran las dengan diterapkannya program ” Ekonomi
Kreatif” SMK Negeri 1 Sedan, (2) seberapa besar peningkatan kemandirian siswa
dengan diterapkannya program tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK).Subjek dari
penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR 1 SMK Negeri 1 Sedan, yang berjumlah
35 siswa. Faktor yang diteliti yaitu kemandirian belajar dan prestasi belajar siswa.
Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dalam bentuk persentase dengan
KKM 75 %.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1). Penerapan program
“Ekonomi Kreatif” dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran las siswa
kelas XI TKR 1 SMK Negeri 1 Sedan. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan
rata-rata nilai praktek kelas XI TKR 1. Untuk kelas XI TKR 1, nilai rata-rata
prestasi praktek mata pelajar las pada kondisi awal sebesar 69,76 dan
persentasinya 69,76 % pada siklus 1 sebesar 76,76 dan persentasenya 76,76 %
dan pada sisklus 2 sebesar 81,95 dan persentasenya 81,95 %. (2) Penerapan
program “Ekonomi Kreatif” dapat meningkatkan kemandirian dan prestasi di
SMK Negeri 1 Sedan