dc.description.abstract |
Telah dilakukan penelitian pengembangan modul pembelajaran fisika
berbasis kearifan lokal guna mengetahui: (1) kelayakan modul fisika berbasis
kearifan lokal untuk mengoptimalkan karakter peserta didik, (2) pengoptimalan
karakter peserta didik menggunakan modul fisika berbasis kearifan lokal.
Jenis penelitian yaitu pengembangan yang mengacu pada model
pengembangan 4-D yaitu Define, Design, Develop, dan Desseminate. Penelitian
ini dilakukan di Universitas Muhammadiyah Purworejo dan dilaksanakan di SMA
Negeri 1 Wadaslintang dengan subjek penelitian pada tahap simulasi dan uji coba
terbatas berjumlah 4 siswa dan pada tahap penyebaran berjumlah 27 siswa.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara,
angket, tes dan dokumentasi. Sebelum digunakan dalam penelitian terlebih dahulu
dilakukan validasi sehingga instrument tersebut layak digunakan.
Hasil analisis data yaitu: (1) hasil validasi modul pembelajaran fisika berbasis
kearifan lokal dari tiga validator yaitu dua dosen ahli dan guru fisika ,diperoleh
rerata 3,22, dengan percentage agreement sebesar 94% sehingga termasuk
kategori baik. (2) Pengoptimalan karakter peserta didik dengan modul fisika
berbasis kearifan lokal diperoleh persentase 86% dengan kategori sangat baik.
Dengan demikian, modul pembelajaran fisika berbasis kearifan lokal yang
dikembangkan dalam penelitian ini dikategorikan baik dan layak digunakan dalam
pembelajaran serta dapat mengoptimalkan karakter peserta didik. |
en_US |