Abstract:
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui Pedagogical Content Knowledge mahasiswa calon guru matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo.
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah mahasiswa calon guru matematika semester enam. Teknik pengambilan subjek pada penelitian ini adalah dengan purposive sampling dan snowball sampling. Subjek dalam penelitian ini berjumlah tiga mahasiswa calon guru matematika dengan indeks prestasi kumulatif lebih dari 3.00. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan CoRe, PaP-eRs, dan Vignette. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek pedagogical knowledge mahasiswa calon guru matematika sebagian besar poin pada CoRe terpenuhi. Kemudian untuk aspek content knowledge yang dimiliki oleh mahasiswa calon guru matematika dengan indeks prestasi kumulatif lebih dari 3.00 sebagian besar berada pada level 1 yaitu dapat mengungkapkan definisi dengan benar, menggunakan notasi yang tepat secara masuk akal, menafsirkan dan menggunakan representasi grafis dan representasi lainnya, dan melihat hubungan beberapa topik/ subunit.