dc.description.abstract |
Telah dilakukan penelitian pengembangan desain pembelajaran berbasis
discovery learning untuk meningkatkan keterampilan proses dasar siswa kelas X
SMA Negeri 11 Purworejo tahun pelajaran 2015/2016 dengan tujuan untuk
mengetahui a) tingkat kelayakan desain pembelajaran fisika berbasis discovery
learning dalam meningkatkan keterampilan proses dasar siswa b) respons siswa
terhadap desain pembelajaran fisika berbasis discovery learning dalam
meningkatkan keterampilan proses dasar siswa c) proses pelaksanaan desain
pembelajaran fisika berbasis discovery learning dalam meningkatkan
keterampilan proses dasar siswa d) peningkatan keterampilan proses dasar siswa
melalui pengembangan desain pembelajaran berbasis discovery learning. Sebagai
subjek dari penelitian ini adalah 5 siswa kelas X-1 sebagai kelas uji coba terbatas
dan 31 siswa kelas X-4 SMA Negeri 11 Purworejo tahun pelajaran 2015/2016
sebagai kelas uji coba luas. Materi yang digunakan dalam pengembangan desain
pembelajaran ini adalah materi Suhu dan Kalor kelas X semester 2.
Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2015 sampai bulan Mei
2016. Model penelitian yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis-Design-
Develop-Implement-Evaluate).Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan metode observasi, wawancara, angket dan tes. Data yang diperoleh
dianalisis menggunakan perumusan percentage agreement (PA).
Berdasarkan hasil penelitian pengembangan yang dilakukan telah diperoleh
desain pembelajaran yang terdiri dari silabus dan RPP. a) kelayakan desain
pembelajaran dilihat dari validasi silabus dan RPP oleh dosen ahli dan guru fisika
dimana silabus mendapatkan rerata skor 48 dengan kriteria cukup baik, sedangkan
RPP mendapatkan rerata skor 130,5 dengan kriteria baik b) respon siswa terhadap
desain pembelajaran yang dikembangkan mendapat skor rerata 35,32 dengan
kriteria baik c) proses pelaksanaan pembelajaran dari lima pertemuan adalah
96,37% dengan kriteria sangat baik d) peningkatan keterampilan proses dasar
siswa mendapatkan persentase rerata 72,62% dengan kriteria baik dan
ketercapaian hasil belajar diperoleh rerata 86,54 untuk pos-test sehingga sudah
melebihi KKM (75). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa desain
pembelajaran berbasis discovery learning yang digunakan untuk meningkatkan
keterampilan proses dasar siswa dapat digunakan dan layak sebagai perangkat
pembelajaran pada tingkat SMA dengan sedikit revisi. |
en_US |