Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DASAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Sutrisno
dc.date.accessioned 2018-02-06T08:25:23Z
dc.date.available 2018-02-06T08:25:23Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1549
dc.description.abstract Telah dilakukan penelitian pengembangan desain pembelajaran berbasis discovery learning untuk meningkatkan keterampilan proses dasar siswa kelas X SMA Negeri 11 Purworejo tahun pelajaran 2015/2016 dengan tujuan untuk mengetahui a) tingkat kelayakan desain pembelajaran fisika berbasis discovery learning dalam meningkatkan keterampilan proses dasar siswa b) respons siswa terhadap desain pembelajaran fisika berbasis discovery learning dalam meningkatkan keterampilan proses dasar siswa c) proses pelaksanaan desain pembelajaran fisika berbasis discovery learning dalam meningkatkan keterampilan proses dasar siswa d) peningkatan keterampilan proses dasar siswa melalui pengembangan desain pembelajaran berbasis discovery learning. Sebagai subjek dari penelitian ini adalah 5 siswa kelas X-1 sebagai kelas uji coba terbatas dan 31 siswa kelas X-4 SMA Negeri 11 Purworejo tahun pelajaran 2015/2016 sebagai kelas uji coba luas. Materi yang digunakan dalam pengembangan desain pembelajaran ini adalah materi Suhu dan Kalor kelas X semester 2. Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2015 sampai bulan Mei 2016. Model penelitian yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis-Design- Develop-Implement-Evaluate).Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, angket dan tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan perumusan percentage agreement (PA). Berdasarkan hasil penelitian pengembangan yang dilakukan telah diperoleh desain pembelajaran yang terdiri dari silabus dan RPP. a) kelayakan desain pembelajaran dilihat dari validasi silabus dan RPP oleh dosen ahli dan guru fisika dimana silabus mendapatkan rerata skor 48 dengan kriteria cukup baik, sedangkan RPP mendapatkan rerata skor 130,5 dengan kriteria baik b) respon siswa terhadap desain pembelajaran yang dikembangkan mendapat skor rerata 35,32 dengan kriteria baik c) proses pelaksanaan pembelajaran dari lima pertemuan adalah 96,37% dengan kriteria sangat baik d) peningkatan keterampilan proses dasar siswa mendapatkan persentase rerata 72,62% dengan kriteria baik dan ketercapaian hasil belajar diperoleh rerata 86,54 untuk pos-test sehingga sudah melebihi KKM (75). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa desain pembelajaran berbasis discovery learning yang digunakan untuk meningkatkan keterampilan proses dasar siswa dapat digunakan dan layak sebagai perangkat pembelajaran pada tingkat SMA dengan sedikit revisi. en_US
dc.publisher Fisika/ FKIP en_US
dc.subject Keterampilan Proses Dasar. en_US
dc.title PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DASAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account