Abstract:
Telah dilakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui
pengaruh pembelajaran fisika berbasis multi representasi terhadap keterampilan
generik sains siswa pada kelas XI IPA SMA Negeri 4 Purworejo.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang diarahkan untuk
memperoleh informasi mengenai pengaruh pembelajaran fisika berbasis multi
representasi terhadap keterampilan generik sains siswa. Subjek penelitian ini
adalah seluruh kelas XI IPA 2 SMA Negeri 4 Purworejo yang berjumlah 26 siswa.
Instrumen pengumpulan data menggunakan tes keterampilan generik sain.
Analisis data dengan menggunakan independent sampel T tes dengan bantuan
SPSS 16.0.
Analisis deskriptif menunjukkan bahwa nilai signifikansi keterampilan
generik sains 0, 297, nilai ini lebih besar dari 0,05 artinya H0 diterima dan Ha
ditolak. Hal ini menunjukkan pembelajaran fisika berbasis multi representasi tidak
berpengaruh terhadap keterampilan generik sains siswa.