Abstract:
tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Purworejo berdasarkan langkah-langkah Polya.
Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Purworejo berjumlah empat siswa. Teknik pengambilan subjek pada penelitian ini dengan menggunakan Purposive Sampling dan Snowball Sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes dengan tiga soal pemecahan masalah. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas VIII termasuk ke dalam tingkat yang keempat yaitu siswa dapat melaksanakan empat langkah-langkah pemecahan masalah Polya, a) memahami masalah, b) menyusun rencana penyelesaian, c) melaksanakan rencana penyelesaian, dan d) memeriksa kembali. Tingkat keempat adalah tingkat kemampuan pemecahan masalah yang paling tinggi dari tingkatan yang ada.