Abstract:
Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan Hasil Belajar siswa melalui Metode pembelajaran SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, DAN INTELEKTUAL (SAVI) pada mata pembelajaran Ekonomi kelas XI IPS 1 SMA Muhammadiyah Purworejo.
Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah penelitian tindakan kelas (Clasroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara peneliti, guru dan melibatkan partisipasi siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Muhammadiyah Purworejo tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengambilan nilai (tes) pada akhir siklus.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, DAN INTELEKTUAL (SAVI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa pada penerapan metode pembelajaran SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, DAN INTELEKTUAL (SAVI) sebesar 25% (siklus I sebesar 56,25% dan sikus II sebesar 81,25%).