Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan LKS matematika dengan pendekatan saintifik pada materi peluang SMP kelas VIII yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengembangkan lembar kegiatan siswa (LKS) matematika dengan pendekatan saintifik pada materi peluang SMP kelas VIII. Model pengembangan penelitian ini adalah ADDIE, yaitu: 1) Analisis (Analysis); 2) Perencanaan (Design); 3) Pengembangan (Development); 4) Implementasi (Implementation); 5) Evaluasi (valuation). Pengumpulan data dilakukan dengan metode lembar validasi bahan ajar, angket, dan tes. Kelayakan LKS yaitu memenuhi kriteria validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Validitas terdiri dari validasi media dan validasi materi. Kepraktisan terdiri dari kemudahan dalam penggunaan dan kemudahan dalam pemahaman. Efektif terdiri dari kriteria persentase jumlah ketuntasan klasikal siswa dan memperoleh respon positif.
Hasil penelitiannya menunjukan bahwa LKS matematika dengan pendekatan saintifik pada materi peluang SMP kelas VIII layak digunakan dalam proses pembelajaran. Validitas LKS diperoleh rerata skor 3,7 dengan kriteria sangat valid untuk validasi media dan rerata skor 3,33 dengan kriteria sangat valid untuk validasi materi. Kepraktisan LKS diperoleh rerata skor 3,25 dengan kriteria praktis. Efektivitas LKS yang terdiri dari kriteria persentase jumlah ketuntasan klasikal siswa sebesar 81% dan rerata skor 2,89 dengan kriteria positif untuk respon siswa yaitu rata-rata siswa memberikan respon positif pembelajaran dengan menggunakan LKS matematika dengan pendekatan saintifik pada materi peluang SMP kelas VIII. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan agar LKS matematika dengan pendekatan saintifik dapat digunakan dalam proses pembelajaran.