Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: apakah terdapat perbedaan penggunaan model penilaian multiple choice dan essay terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X di MA Al-Iman Purworejo Tahun 2015/2016.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah sampling kuota yaitu teknik untuk menentukan sampel dari populasi yang mempunyai ciri-ciri tertentu sampai jumlah kuota yang ditentukan. Sampel yang digunakan berjumlah 33 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes berupa multiple choice sebanyak 20 butir soal dan essay sebanyak 5 butir soal. Instrumen pengumpul data menggunakan tes yang telah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat-syarat validitas dan reliabilitas dengan indikator dan materi pembelajaran dan teknik Alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik Uji t. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa rerata penggunaan model penilaian multiple choice dan essay terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X di MA Al-Iman Purworejo Tahun 2015/2016 adalah terdapat perbedaan. Dari uji t sparated diperoleh tobs = 1,715834 ≥ ttabel =1,669 yang artinya terdapat perbedaan rerata penggunaan model penilaian multiple choice dan essay terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X di MA Al-Iman Purworejo Tahun 2015/2016.