Abstract:
Proyek penggantian jembatan Solotiang dilaksanakan selama 260 hari
yaitu dimulai 10 Maret sampai 24 November 2015, dalam pelaksanaan proyek
tersebut memiliki bermacam-macam tingkat dan jenis pekerjaan. Mencakup
pekerjaaan yang dilakukan dengan tenaga manusia maupun dengan peralatan
mekanis, pada pelaksanaannya didominasi dengan peralatan mekanis.
Penelitian ini menggunakan teori produktivitas alat berat, penentu jenis
dan jumlah alat sesuai dengan medan lokasi, jenis tanah yang akan digali dan
dipadatkan. Komposisi alat berat yang dipakai akan mempengaruhi jumlah alat
dan waktu pekerjaan alat berat yang optimum pada pelaksanaan pekerjaan tanah
proyek
Hasil penelitian pekerjaan tanah akan menjadi optimal dengan komposisi
alat berat 1 unit excavator dan 2 dump truck pekerjaan galian dan timbunan pada
galinan struktur, dengan waktu penyelesaian pekerjaan 4 hari pada jenis pekerjaan
pemuatan dari stock pile dengan percepatan 2 hari (33,33%), dan komposisi alat
berat 2 excavator dan 5 dump truck pekerjaan galian dan timbunan dari sumber
material dengan dengan penyelesaian pekerjaan 41 hari pada jenis pekerjaan
pemuatan dari stock pile, dengan percepatan 5 hari (10,87%) dari pekerjaan yang
dilakukan sebenarnya di lapangan.