Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) sikap konsumen terhadap
kualitas, harga, model dan warna smartphone Samsung dan (2) ada tidaknya
perbedaan sikap konsumen terhadap smartphone merek Samsung berdasarkan
jenis kelamin, usia dan pendapatan.
Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna smartphone Samsung di
Desa Trirejo, Kabupaten Purworejo. Sampel penelitian berjumlah 100 orang.
Dengan tingkat kesalahan 10%. Pengambilan sampel menggunakan teknik
Snowball Sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dengan
skala Likert yang masing-masing sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat
validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan metode Fisbhein dan Chi
Kuadrat.
Dari hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa sikap konsumen terhadap
produk smartphone merek Samsung di Desa Trirejo: Nilai perhitungan sikap
konsumen terhadap produk smartphone Samsung tergolong baik yaitu 67,9054.
Dilihat dari komponen keyakinan , atribut kualitas sebagai atribut paling diyakini
konsumen terhadap produk smartphone merek Samsung. Sedangkan pada
komponen evaluasi atribut harga adalah atribut yang paling diyakini oleh
konsumen. Komponen keyakinan dan komponen evaluasi mempunyai hubungan
yang kuat terhadap kepuasan konsumen smartphone merek Samsung. Dan yang
paling besar mempengaruhi sikap konsumen adalah atribut kualitas dengan selisih
keyakinan dan evaluasi sebesar 0,41. Hasil analisis Chi kuadrat diperoleh bahwa
Chi Kuadrat hitung jenis kelamin, usia dan pendapatan lebih kecil dari Chi
Kudrat Tabel. Menunjukkan angka 1,0 < 2,706 dan 1,44 < 2,706 serta pendapatan
2,56 > 2,706 yang artinya bahwa jenis kelamin, usia dan pendapatan
mempengaruhi sikap konsumen.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sikap konsumen terhadap produk
smartphone merek Samsung di Desa Trirejo Kabupaten Purworejo termasuk
kategori baik atau positif.