Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk meningkatkan aktifitas belajar siswa
dengan metode pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan 2) untuk
meningkatkan hasil belajar dengan metode pembelajaran Think Pair Share (TPS).
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Tahap
penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari 1
pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa SMK N 4 Purworejo kelas XII TKR
B tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 32 siswa. Metode pegumpulan data
menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan
analisis kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran menggunkan metode
pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan 1) aktifitas belajar siswa
yaitu siswa mampu bertanggungjawab dengan mengerjakan soal sendiri dan aktif
dalam pembelejaran dengan perolehan rerata persentase siklus I yaitu 60,50%
dengan kategori cukup . Pada siklus II mengalami kenaikan menjadi 79,00% pada
siklus II dengan kategori Baik. 2) kemampuan siswa menyelesaiakan soal tes
dengan perolehan rerata persentase yaitu 66,30% dengan kategori cukup pada
siklus I dan meningkat pada siklus II menjadi 79,10% dengan kategori Baik.