Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Transmisi Manual Sepeda Motor Honda Supra Fit

Show simple item record

dc.contributor.author Nurshella, Ryan Pyegi
dc.date.accessioned 2018-02-07T01:41:22Z
dc.date.available 2018-02-07T01:41:22Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1578
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mengembangkan media pembelajaran dan alat peraga pada sistem transmisi manual sepeda motor guna meningkatkan minat belajar mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Purworejo Progam Studi Pendidikan Teknik Otomotif Semester IV. 2) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran dan alat peraga pada sistem sistem transmisi manual sepeda motor guna meningkatkan minat belajar mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Purworejo Progam Studi Pendidikan Teknik Otomotif Semester IV. 3) Untuk mengetahui minat belajar mahasiswa setelah menggunakan media pembelajaran alat peraga pada sistem transmisi manual sepeda motor di Universitas Muhammadiyah Purworejo Progam Studi Pendidikan Teknik Otomotif Semester IV. Penelitian ini menggunakan metode Reseach and Development (R & D) dengan subyek penelitian yang diambil adalah mahasiswa semester IV Progam Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo yang berjumlah 50 mahasiswa. Dengan sampel dua kelompok kelas, yaitu kelas A dan B. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner (angket) untuk mengetahui kelayakan media yang digunakan untuk penelitian. Uji analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas uji t-test. Dari hasil penelitian, menunjukan bahwa : 1) prosedur pengembangan media pembelajaran alat peraga meliputi pencarian potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, pengujian produk, uji coba pemakaian dan revisi produk. 2) media pembelajaran alat peraga layak digunakan untuk media pembelajaran. Hal ini dapat dibuktikan dari ahli media yang menunjukan skor rata – rata 3,16. Validasi dari ahli materi yang menunjukan skor rata – rata 3,5. Media pembelajaran alat peraga juga telah memenuhi kriteria kualitas media pembelajaran. Hal ini ditunjukkan melalui respon mahasiswa yaitu meiputi uji coba kelompok kecil memperoleh skor rata – rata 3,28 yang meliputi 5 mahasiswa dan uji coba kelompok besar memperoleh skor rata – rata 3,15 yang meliputi 25 mahasiswa. 3) Pada minat belajar mahasiswa menunjukkan minat belajar mahasiswa yang tidak menggunakan media alat peraga dan yang menggunakan media alat peraga. Melalui uji normalitas diperoleh p = 0.261, karena p > 0,05 maka menunjukkan kedua kelompok berdistribusi normal, melalui uji homogenitas diperoleh F hitung = 0,661 dengan p = 0.578, karena p > 0,05 maka kedua kelompok memiliki varian homogen, melalui uji t-tes hasilnya thitung 2.352 dengan p = 0,000 < 0,05. Menurut uji normalitas, homogenitas, dan uji t, bahwa media pembelajaran alat peraga dapat meningkatkan minat belajar mahasiswa. en_US
dc.publisher PTO-FKIP en_US
dc.subject Media Pembelajaran, Alat Peraga, Minat Belajar en_US
dc.title Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Transmisi Manual Sepeda Motor Honda Supra Fit en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account