Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pelaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran aktif dengan metode STAD. (2) peningkatan kemandirian belajar siswa, dan (3) peningkatan hasil belajar siswa kelas XI TKR B SMK Negeri 4 Purworejo melalui metode pembelajaran STAD.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Tahap penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI TKR B SMK Negeri 4 Purworejo yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data dengan analisis kualitatif dan kuantitatif.
Kemandirian belajar pada siklus I sebesar 50%, hal ini sesuai dengan hasil observasi yang menunjukkan siswa masih kurang percaya diri, belum memiliki inisiatif belajar, dan masih menggantungkan diri kepada orang lain. Kemudian pada siklus II kemandirian belajar menjadi 80% dengan siswa sudah menunjukkan rasa percaya diri, memiliki inisiatif belajar secara terus menerus, serta tidak menggantungkan diri kepada orang lain. Pada hasil belajar di siklus I sebesar 70% menunjukkan bahwa siswa belum dapat mengklarifikasikan objek-objek menurut sifat-sifat tertentu,belum dapat mengaplikasikan konsep atau algoritma dalam pemecahan masalah, siswa belum dapat menyelesaikan masalah sesuai dengan langkah-langkah yang benar lalu di siklus II mengalami peningkatan sebesar 79% adanya alat peraga dan lembar kegiatan dapat membantu siswa untuk memahami materi yang dipelajari. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran STAD dapat meningkatkan kemandirian belajar, dan hasil belajar pada siswa kelas XI TKR B SMK Negeri 4 Purworejo Tahun Ajaran 2017/2018 dan dapat menjadi acuan dalam pemilihan metode pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.