Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui proses pembelajaran pada
saat ini didalam kelas; (2) untuk mengetahui ada tidaknya dalam peningkatan minat
belajar siswa, dengan pengembangan media pembelajaran audio visual sistem AC
di SMK Muhammadiyah Purwodadi; (3) untuk mengetahui ada tidaknya dalam
peningkatan hasil belajar, dengan pengembangan media pembelajaran audio visual
sistem AC di SMK Muhammadiyah Purwodadi.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di kelas XII TKR
A SMK Muhammadiyah Purwodadi yang berjumlah 20 siswa. Instrumen dalam
penelitian ini adalah angket minat belajar siswa dan soal tes tertulis yang berbentuk
pilihan ganda yang digunakan pada setiap akhir siklus. Teknik analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa: (1) melalui proses pembelajaran
dengan penerapan media pembelajaran audio visual dapat meningkatkan persentase
minat belajar siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa; (2) berdasarkan hasil angket
respon minat belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa.
terbukti dengan perolehan angket respon minat belajar siswa dengan rata-rata
persentase 73,87% pada siklus I dan mengalami peningkatan 76% pada siklus II;
sedangkan (3) hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan terbukti pada pra
siklus diperoleh nilai rata-rata sebesar 53,25 dengan ketuntasan 15% meningkat
menjadi rata-rata 73,25 dengan ketuntasan 55% pada siklus I dan meningkat lagi
menjadi rata-rata 75,75 dengan ketuntasan 80% pada siklus II. Berdasarkan uraian
diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran audio visual dapat
meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas XII TKR A SMK
Muhammadiyah Purwodadi.