Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash pada Kompetensi Pemeliharaan Sistem Tanda dan Penerangan Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Sapuran

Show simple item record

dc.contributor.author Riyadi
dc.date.accessioned 2018-02-07T02:20:49Z
dc.date.available 2018-02-07T02:20:49Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1582
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan 1) untuk menciptakan sebuah media pembelajaran interaktif Macromedia Flash pada kompetensi pemeliharaan sistem tanda dan penerangan kendaraan ringan di SMK Negeri 1 Sapuran Kabupaten Wonosobo, 2) untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan media pembelajaran interaktif Macromedia Flash pada kompetensi pemeliharaan sistem tanda dan penerangan kendaraan ringan di SMK Negeri 1 Sapuran Kabupaten Wonosobo, 3) untuk mengetahui tanggapan dan peningkatan hasil belajar siswa terhadap penggunaaan media pembelajaran interaktif macromedia flash pada kompetensi pemeliharaan sistem tanda dan penerangan kendaraan ringan di SMK Negeri 1 Sapuran Kabupaten Wonosobo. Jenis penelitian ini adalah Research and Development. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X TKR SMK Negeri 1 Sapuran. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner. Analisis data menggunakan uji beda (uji t). Hasil validasi produk oleh 1) ahli media diperoleh persentase 87,5 % (valid), 2) validasi ahli materi diperoleh persentase 90 % (valid), 3) uji coba kelompok kecil 84,5% (valid), dan 4) uji coba kelompok besar diperoleh persentase 83,30% (valid). Berdasarkan hasil uji prasyarat analisis, menunjukkan bahwa data yang diperoleh adalah kriteria normal dan homogen, sedangkan hasil uji t perbandingan rata-rata posttest hasil belajar kelas eksperimen dan kontrol diperoleh nilai Sig (2-tailed) = 0,000. Karena nilai Sig(2-tailed) <0,05 menunjukkan bahwa hasil belajar posttest dari kelas eksperimen dan kontrol terdapat perbedaan yang signifikan, artinya nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 85,4091, dibandingkan dengan kelas kontrol yang memperoleh nilai 67,8095. Hal tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif macromedia flash yang dikembangkan termasuk dalam kriteria layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi pemeliharaan sistem tanda dan penerangan kendaraan ringan. en_US
dc.publisher PTO-FKIP en_US
dc.subject Media, Pembelajaran, Interaktif, dan Macromedia Flash en_US
dc.title Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash pada Kompetensi Pemeliharaan Sistem Tanda dan Penerangan Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Sapuran en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account