dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh positif dan
signifikan antara kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen baik secara sendirisendiri
maupun secara bersama-sama terhadap loyalitas konsumen Optik Rima
Purworejo.
Pengambilan sampel dengan Sampling Insidental. Teknik penentuan sampel
dari populasi dilakukan dengan siapa saja yang secara kebetulan/insidental
bertemu dengan peneliti. Dalam penelitian ini jumlah sampel yang ditetapkan
peneliti 100 konsumen. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan
analisis kuantitatif.
Berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa, variabel kualitas
pelayanan Optik Rima Purworejo yang baik persentase tertinggi yaitu 58%,
variabel kepuasan konsumen Optik Rima Purworejo yang tergolong puas (58%),
variabel loyalitas konsumen Optik Rima Purworejo tergolong tinggi (58%).
Berdasarkan analisis kuantitatif menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh positif
dan signifikan antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen (rx1y =
0,430; r2
x1y = 0,1849; thitung = 4,688; sig. < 0,05), pengaruhnya sebesar 18,49%
terhadap loyalitas konsumen. (2) Ada pengaruh positif dan signifikan antara
kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen (rx2y = 0,756; r2
x2y = 0,5715;
thitung = 11,360; sig. < 0,05), dan pengaruhnya sebesar 57,15% terhadap loyalitas
konsumen. (3) Ada pengaruh positif dan signifikan antara kualitas pelayanan dan
kepuasan konsumen secara bersama-sama terhadap loyalitas konsumen (Rxy =
0,930, R2 = 0,865, Fhitung = 309,814; sig = 0,000 < 0,05 maka signifikan).
Besarnya pengaruh yaitu 86,50% sedangkan 13,50% dipengaruhi oleh variabel
lain yang tidak diteliti |
en_US |