Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh keaktifan siswa dalam organisasi di sekolah terhadap prestasi belajar dan (2) Pegaruh gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi kelas XI IPS di SMA N 2 Purworejo.
Populasi penelitian siswa kelas XI IPS 1, IPS 2, dan IPS 3 berjumlah 48 orang. Sampel penelitian berjumlah 46 orang, ditentukan dengan berpedoman menurut Cohen dan Manion penentuan besar sampel pada penelitian ini mengacu pada confidence level 95% dengan kesalahan 5%. Pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dengan skala Likert yang masing-masing sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan korelasi parsial dan korelasi ganda.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa prestasi belajar ekonomi kelas XI IPS di SMA N 2 Purworejo: 54,35% sangat baik, 43,48% tergolong tinggi, 2,17% tergolong cukup, 0,00% tergolong kurang, 0,00% tergolong gagal. Berdasarkan analisis kuantitatif menunjukkan bahwa keaktifan siswa dalam organisasi disekolah dan gaya belajar tidak memberi pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi kelas XI IPS di SMA N 2 Purworejo tahun 2015/2016. Hasil perhitungan analisis regresi ganda diperoleh koefisien regresi sebesar 0.172 (Fhitung sebesar 0,656 dengan sig = 0,524 karena sig = 0,524 > 0,05) dan koefisien determinasi ( R2 ) sebesar 0,030 maka sumbangan yang diberikan oleh keaktifan siswa dalam organisasi di sekolah dan gaya belajar sebesar 3,87% sedangkan 96,13% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Persamaan regresi Y = 83,573 + 0,074X1 + 0,063X2 dengan demikian hipotesis yang diajukan tidak diterima