dc.description.abstract |
tua, motivasi belajar dan lingkungan sekolah secara sendiri-sendiri dan
secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi
di SMA Negeri 1 BinangunCilacap.
Populasi penelitian ini sebanyak 3 kelas dengan jumlah 100 siswa,
penentuan sampel berpedoman pada tabel Krejcie dengan taraf kesalahan 5%.
Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan claster random sampling
sebanyak 80siswa, Pengumpulan data menggunakan metode angket dengan skala
Likert yang masing-masing sudah diuji cobakan dan metode dokumen yang telah
memenuhi syarat validitas dan reliabilitas.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa perhatian orang tua pada
kategori sangat baik yakni sebesar (47,50%.), bahwa motivasi belajar pada
kategori cukup yakni sebesar (50%) dan lingkungan sekolah pada kategori sangat
baik yakni sebesar (50%), Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa : (1)
variabel perhatian orang tua secara positif dan signifikan mempengaruhi variabel
prestasi belajar (rx1y= 0,505, t = 5.104 sig 0,000 0,05,(2) variabel motivasi
belajar positif dan signifikan mempengaruhi variabel prestasi belajar (rx2y= 0,354,
t = 3.296 sig = 0,001 0,05,(3) variabel lingkungan sekolah positif dan signifikan
mempengaruhi variabel prestasi belajar (rx3y=0,245, t = 2.205sig = 0,003 0,05,
Hasil analisis korelasi ganda dengan (Fhitung = 108.146 dan sig 0,000 0,05, dan
koefisien korelasi (R) =0,900 koefisien determinasi (R2) = 0,810, Besarnya
pengaruh perhatian orang tua, motivasi belajar dan lingkungan sekolah secara
bersama-sama terhadap prestasi belajar 81,00% sedangkan sisanya yaitu 19,00%
dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. |
en_US |