Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan task commitment dan
hasil belajar matematika pada siswa kelas VII B MTs Ma’arif NU Purworejo melalui
penerapan metode pembelajaran resitasi. Penelitian ini merupakan penelitian
tindakan kelas. Tahap penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan,
dan refleksi. Tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus
terdiri dari 3 pertemuan. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VII B MTs
Ma’arif NU Purworejo yang berjumlah 20 siswa. Metode pengumpulan data
dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis
data dengan analisis kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan task commitment dan
hasil belajar matematika siswa melalui metode pembelajaran resitasi pada siswa
kelas VII B MTs Ma’arif NU Purworejo. Task commitment siswa pada siklus I
menunjukkan masih ada siswa yang tidak mengerjakan tugas dan seenaknya sendiri
dan pada siklus II menunjukkan bahwa siswa semakin rajin mengerjakan tugas dan
bertanggung jawab terhadap tugasnya. Rata-rata task commitment siswa pada siklus I
berdasarkan hasil observasi 58% meningkat menjadi 70% dan berdasarkan hasil
angket 66,40% meningkat menjadi 72,12%. Rata-rata hasil belajar siswa ranah
psikomotoris pada siklus I berdasarkan hasil observasi 63,06% meningkat menjadi
73,89%, dan tes ranah kognitif pada siklus I menunjukkan 45% dari jumlah siswa
tuntas KKM dengan rata-rata nilai 60,20 dan meningkat menjadi 70% dengan ratarata
nilai 69,33. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran resitasi dapat
meningkatkan task commitment dan hasil belajar matematika pada siswa kelas VII B
MTs Ma’arif NU Purworejo Tahun Ajaran 2016/2017 dan dapat menjadi acuan
dalam pemilihan metode pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di
kelas.