Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Peningkatan Task Commitment Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Penerapan Metode Resitasi Kelas VII B MTs Ma’arif NU Purworejo Tahun Ajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Andayani, Desi Ari
dc.date.accessioned 2018-02-07T06:02:49Z
dc.date.available 2018-02-07T06:02:49Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1587
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan task commitment dan hasil belajar matematika pada siswa kelas VII B MTs Ma’arif NU Purworejo melalui penerapan metode pembelajaran resitasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tahap penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VII B MTs Ma’arif NU Purworejo yang berjumlah 20 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan task commitment dan hasil belajar matematika siswa melalui metode pembelajaran resitasi pada siswa kelas VII B MTs Ma’arif NU Purworejo. Task commitment siswa pada siklus I menunjukkan masih ada siswa yang tidak mengerjakan tugas dan seenaknya sendiri dan pada siklus II menunjukkan bahwa siswa semakin rajin mengerjakan tugas dan bertanggung jawab terhadap tugasnya. Rata-rata task commitment siswa pada siklus I berdasarkan hasil observasi 58% meningkat menjadi 70% dan berdasarkan hasil angket 66,40% meningkat menjadi 72,12%. Rata-rata hasil belajar siswa ranah psikomotoris pada siklus I berdasarkan hasil observasi 63,06% meningkat menjadi 73,89%, dan tes ranah kognitif pada siklus I menunjukkan 45% dari jumlah siswa tuntas KKM dengan rata-rata nilai 60,20 dan meningkat menjadi 70% dengan ratarata nilai 69,33. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran resitasi dapat meningkatkan task commitment dan hasil belajar matematika pada siswa kelas VII B MTs Ma’arif NU Purworejo Tahun Ajaran 2016/2017 dan dapat menjadi acuan dalam pemilihan metode pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject Task Commitment, Hasil Belajar, Resitasi en_US
dc.title Peningkatan Task Commitment Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Penerapan Metode Resitasi Kelas VII B MTs Ma’arif NU Purworejo Tahun Ajaran 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account