Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X di SMA N 1 Sapuran Wonosobo baik secara simultan maupun secara partial.
Populasi dalam penelitian ini sebanyak 150 siswa diambil 105 siswa sesuai dengan tabel Krejcei dengan taraf kesalahan 5% dan sampel tersebut diambil secara simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah analisis dokumen dan kuisioner (angket). Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Instrumen dalam penelitian ini telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas.
Setelah dilakukan analisis data, diperoleh hasil dan kesimpulan sebagai berikut: (1) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar terhadap prestasi belajar kelas X mata pelajaran ekonomi sebesar 3,80% (rx1y = 0195, thitung = 2,007, sig ≤ 0,05). (2) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar terhadap prestasi belajar kelas X mata pelajaran ekonomi sebesar 4,90% (rx1y =0,223, thitung = 2,309, sign ≤ 0,05). (3) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar kelas X mata pelajaran ekonomi R = 0,356, F = 7,381, signifikansi ≤ 0,05 dan determinasi R2= 0,126 atau berpengaruh sebesar 12,60%, sedangkan 87,40% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Persamaan Regresi Y = 62,871+ 0,352 X1 + 0,352 X2.