Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMK Muhammadiyah Salaman baik secara simultan maupun secara partial.
Populasi dalam penelitian ini sebanyak 154 siswa diambil 105 siswa sebagai sampel dengan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah analisis dokumen dan kuisioner (angket). Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Instrumen dalam penelitian ini telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas.
Setelah dilakukan analisis deskriptif, variabel fasilitas belajar berada pada kategori kurang dengan presentase 39,1%,sedangkan untuk variabel motivasi belajar berada pada kategori kurang dengan presentase 48,6%, dan variabel hasil belajar pada kategori baik memiliki presentase sebesar 85,8%. Sedangkan dari analisis kuantitatif diperoleh hasil dan kesimpulan sebagai berikut: (1) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar terhadap hasil belajar kelas X mata pelajaran kewirausahaan sebesar 13,10% (rx1y = 0,363, thitung = 3,935, sig ≤ 0,05). (2) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar kelas X mata pelajaran kewirausahaan sebesar 13,20% (rx1y = 0,364, thitung = 3,943, sig ≤ 0,05). (3) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar kelas X mata pelajaran kewirausahaan (R = 0,454, F = 13.208, sig ≤ 0,05) dan determinasi R2= 0,206 atau berpengaruh sebesar 20,60%, sedangkan 79,40% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Persamaan Regresi Y = 63,228 + 0,328 X1 + 0,296 X2