Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengembangan Alat Peraga Matematika Garis Satuan Panjang Pada Materi Satuan Panjang Siswa Kelas IV SD Negeri I Kutoarjo

Show simple item record

dc.contributor.author Nurmutiatun
dc.date.accessioned 2018-02-07T06:10:16Z
dc.date.available 2018-02-07T06:10:16Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1590
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses pengembangan media pembelajaran garis satuan panjang serta mengetahui bagaimana kelayakan dari hasil pengembangan media pembelajaran garis satuan panjang.Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini dilaksanakan pada kelas IV SD Negeri I Kutoarjo tahun ajaran 2016/2017 Kecamatan Kutoarjo Kabupaten Purworejo yang berjumlah 38 siswa. Pada penelitian ini dilaksanakan uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Uji coba kelompok kecil pada 6 siswa dan uji coba kelompok besar yaitu 32 siswa kelas IV SD Negeri I Kutoarjo. Kelayakan pada penelitian ini memenuhi tiga kriteria (1) valid, (2) praktis, (3) efektif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan tes. Data yang diperoleh dari pengisian angket oleh guru sebagai data kepraktisan, wawancara dan hasil pengerjaan soal tes pada siswa sebagai data keefektifan. Alat peraga matematika garis satuan panjang dikembangkan berdasarkan analisis kinerja dan analisis kebutuhan di SD N I Kutoarjo bahwa terbatasnya tersedianya alat peraga untuk membantu siswa dalam pembelajaran. Melalui kegiatan ini peneliti mengembangkan alat peraga matematika garis satuan panjang yang dikembangkan dengan model ADDIE. Berdasarkan penilaian ahli media dan ahli materi masing masing memperoleh rerata 3,50 dan 3,15 analisis kevalidan masuk dalam kategori “sangat baik” analisis kepraktisan masuk dalam kategori “sangat baik” dengan perolehan rerata 3,45 dan dengan rerata 3,48 dari wawancara respon siswa dan presentase klasikal sebesar 87,5 % sehingga alat peraga matematika garis satuan panjang layak digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject Alat Peraga, Satuan Panjang, ADDIE, Kelayakan en_US
dc.title Pengembangan Alat Peraga Matematika Garis Satuan Panjang Pada Materi Satuan Panjang Siswa Kelas IV SD Negeri I Kutoarjo en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account