Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara prestasi belajar terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi pada siswa SMA Negeri 3 Purworejo. (2) apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara latar belakang sosial ekonomi keluarga terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi pada siswa SMA Negeri 3 Purworejo. (3) apakah ada pengaruh positif dan signifikan antara prestasi belajar dan latar belakang sosial ekonomi keluarga secara bersama-sama terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi pada siswa SMA Negeri 3 Purworejo.
Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5% dari populasi 125 siswa di ambil sampel 85 siswa. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunkan metode dokumen dan metode angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analaisis kuantitaif.
Berdasarkan analisis deskriptif menunjukan bahwa prestasi belajar berada pada kategori baik sekali 60%, sedangkan untuk latar belakang sosial ekonomi keluarga tergolong tinggi 36,8%, sedangkan untuk minat melanjutkan ke perguruan tinggi pada kategori tinggi 44%. Berdasarkan analisis kuantitatif menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara prestasi belajar dengan minat melanjutkan ke perguruan tinggi sebesar 3,31% (rhitung = 0,182 ; t = 2,042; sig 0,01 < 0,05) dan r2 sebesar 0,033. Ada pengaruh positif dan signifikan antara latar belakang sosial ekonomi keluarga terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi sebesar 39,5% (r2xy = 0,639 ;thitung 9,177; 0,00 sig < 0,05) dan r2 sebesar 0,408. Ada pengaruh positif dan signifikan antara prestasi belajar dan latar belakang sosial ekonomi keluarga secara bersama-sama terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi sebesar 45,5% dengan (R) = 0,674; Fhitung sebesar 50,863; sig 0,000 < 0,05; dan (R2) = 0,455 dan sisanya 54,5% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti.