Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENGARUH PRESTASI BELAJAR DAN LATAR BELAKANG SOSIAL EKONOMI KELUARGA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA SMA NEGERI 3 PURWOREJO

Show simple item record

dc.contributor.author Permanasari, Raynita Hesti
dc.date.accessioned 2018-02-07T06:15:52Z
dc.date.available 2018-02-07T06:15:52Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1592
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara prestasi belajar terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi pada siswa SMA Negeri 3 Purworejo. (2) apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara latar belakang sosial ekonomi keluarga terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi pada siswa SMA Negeri 3 Purworejo. (3) apakah ada pengaruh positif dan signifikan antara prestasi belajar dan latar belakang sosial ekonomi keluarga secara bersama-sama terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi pada siswa SMA Negeri 3 Purworejo. Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5% dari populasi 125 siswa di ambil sampel 85 siswa. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunkan metode dokumen dan metode angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analaisis kuantitaif. Berdasarkan analisis deskriptif menunjukan bahwa prestasi belajar berada pada kategori baik sekali 60%, sedangkan untuk latar belakang sosial ekonomi keluarga tergolong tinggi 36,8%, sedangkan untuk minat melanjutkan ke perguruan tinggi pada kategori tinggi 44%. Berdasarkan analisis kuantitatif menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara prestasi belajar dengan minat melanjutkan ke perguruan tinggi sebesar 3,31% (rhitung = 0,182 ; t = 2,042; sig 0,01 < 0,05) dan r2 sebesar 0,033. Ada pengaruh positif dan signifikan antara latar belakang sosial ekonomi keluarga terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi sebesar 39,5% (r2xy = 0,639 ;thitung 9,177; 0,00 sig < 0,05) dan r2 sebesar 0,408. Ada pengaruh positif dan signifikan antara prestasi belajar dan latar belakang sosial ekonomi keluarga secara bersama-sama terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi sebesar 45,5% dengan (R) = 0,674; Fhitung sebesar 50,863; sig 0,000 < 0,05; dan (R2) = 0,455 dan sisanya 54,5% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti. en_US
dc.publisher Pend. Ekonomi en_US
dc.subject prestasi belajar, latar belakang sosial ekonomi keluarga, minat melanjutkan ke perguruan tinggi en_US
dc.title PENGARUH PRESTASI BELAJAR DAN LATAR BELAKANG SOSIAL EKONOMI KELUARGA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA SMA NEGERI 3 PURWOREJO en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account