Abstract:
Saat ini, dapat ditemukan berbagai macam merek laptop dipasaran seperti:
Toshiba, Sony, Lenovo, HP, Dell, Asus, Acer, dan sebagainya. Dengan
banyaknya produsen yang menjual berbagai macam merek laptop tersebut
tentunya dapat menyebabkan persaingan dalam memasarkan produk ke konsumen
sebagai pangsa pasar. Oleh sebab itu, para produsen dan pemasar perlu
mencermati keadaan tersebut, dan diharapkan pada akhirnya konsumen memiliki
minat membeli (purchase intention) pada produk yang dijual. Tujuan yang hendak
dicapai dalam penelitian ini adalah, 1) menguji pengaruh brand image terhadap
purchase intention, 2) menguji pengaruh product knowledge terhadap purchase
intention.
Populasi pada penelitian ini adalah konsumen laptop Toshiba di
Purworejo. Metode pengambilan sampel penelitian menggunakan purposive
sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang. Pengumpulan data
menggunakan kuesioner dengan alternatif pilihan jawaban menggunakan metode
Likert yang terdiri dari lima pilihan jawaban. Kuesioner telah diujicobakan dan
telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pada penelitian ini untuk menguji
hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa 1) nilai koefisien regresi brand
image (X1) sebesar 0,444 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05), 2) nilai
koefisien regresi product knowledge (X2) sebesar 0,336 dengan nilai signifikansi
sebesar 0,001 (< 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa keseluruhan hipotesis yang
diajukan terbukti dan dapat diterima.