Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara:
disposisi matematis dengan pemahaman konsep, komunikasi matematis dengan
pemahaman konsep, dan disposisi matematis dan komunikasi matematis terhadap
pemahaman konsep pada siswa SMP N 9 Purworejo tahun Pelajaran 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif assosiatif. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 9 Purworejo tahun Pelajaran 2016/2017
yang berjumlah 192 siswa dengan sampel sebanyak 63 siswa. Pengambilan
sampel menggunakan cluster random sampling. Metode angket digunakan untuk
memperoleh data disposisi matematis dan tes digunakan untuk memperoleh data
komunikasi matematis tertulis dan pemahaman konsep. Pengujian prasyarat
analisis yang digunakan yaitu pengujian normalitas menggunakan chi kuadrat dan
pengujian homogenitas menggunakan uji F. Analisis data menggunakan statistik
nonparametrik dengan korelasi kendal tau dan korelasi kendal W.
Dari analisis data diperoleh hasil adalah sebagai berikut: terdapat
hubungan yang positif dan signifikan antara (1) hubungan disposisi matematis
terhadap pemahaman konsep dengan perhitungan koefisien korelasi kendal tau
( )= 0,54 dan siginifikansi korelasi dengan zhitung = 8,28 (2) hubungan komunikasi
matematis terhadap pemahaman konsep dengan perhitungan koefisien korelasi
kendal tau ( )= 0,55 dan siginifikansi korelasi dengan zhitung=6,39 (3) hubungan
disposisi matematis dan komunikasi matematis terhadap pemahaman konsep
dengan koefisien korelasi kendal W = 26,02 dan signifikansi korelasi =
4839,72. Kesimpulan dalam penelitian ini terdapat hubungan yang positif dan
signifikan antara: disposisi matematis dengan pemahaman konsep; komunikasi
dengan pemahaman konsep; dan disposisi matematis dan komunikasi matematis
dengan pemahaman konsep.