Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Hubungan Disposisi Matematis dan Komunikasi matematis terhadap Pemahaman Konsep pada Siswa di Kelas VII SMP N 9 Purworejo tahun Pelajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Setyaningsih, Afria Sulis
dc.date.accessioned 2018-02-07T06:25:30Z
dc.date.available 2018-02-07T06:25:30Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1598
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara: disposisi matematis dengan pemahaman konsep, komunikasi matematis dengan pemahaman konsep, dan disposisi matematis dan komunikasi matematis terhadap pemahaman konsep pada siswa SMP N 9 Purworejo tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif assosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 9 Purworejo tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 192 siswa dengan sampel sebanyak 63 siswa. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Metode angket digunakan untuk memperoleh data disposisi matematis dan tes digunakan untuk memperoleh data komunikasi matematis tertulis dan pemahaman konsep. Pengujian prasyarat analisis yang digunakan yaitu pengujian normalitas menggunakan chi kuadrat dan pengujian homogenitas menggunakan uji F. Analisis data menggunakan statistik nonparametrik dengan korelasi kendal tau dan korelasi kendal W. Dari analisis data diperoleh hasil adalah sebagai berikut: terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara (1) hubungan disposisi matematis terhadap pemahaman konsep dengan perhitungan koefisien korelasi kendal tau ( )= 0,54 dan siginifikansi korelasi dengan zhitung = 8,28 (2) hubungan komunikasi matematis terhadap pemahaman konsep dengan perhitungan koefisien korelasi kendal tau ( )= 0,55 dan siginifikansi korelasi dengan zhitung=6,39 (3) hubungan disposisi matematis dan komunikasi matematis terhadap pemahaman konsep dengan koefisien korelasi kendal W = 26,02 dan signifikansi korelasi = 4839,72. Kesimpulan dalam penelitian ini terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara: disposisi matematis dengan pemahaman konsep; komunikasi dengan pemahaman konsep; dan disposisi matematis dan komunikasi matematis dengan pemahaman konsep. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject disposisi matematis, komunikasi matematis, pemahaman konsep en_US
dc.title Hubungan Disposisi Matematis dan Komunikasi matematis terhadap Pemahaman Konsep pada Siswa di Kelas VII SMP N 9 Purworejo tahun Pelajaran 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account