Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengaruh Promosi Online terhadap Keputusan Pembelian

Show simple item record

dc.contributor.author Prastowo, Lancarya
dc.date.accessioned 2018-02-07T06:28:06Z
dc.date.available 2018-02-07T06:28:06Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1599
dc.description.abstract Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mempengaruhi perkembangan ekonomi. Transaksi jual beli yang sebelumnya hanya bisa dilakukan secara langsung maupun tidak langsung (telepon) menjadi sesuatu yang sangat konservatif dengan adanya media komunikasi seperti media massa,yaitu media elektronik dan media cetak. Khusus untuk media elektronik, ditandai dengan semakin berkembangnya dunia teknologi informasi. Saat ini dikenal adanya media sosial, seperti facebook, instagram, twitter, blackberry messenger, dan sebagainya, dimana chatting (obrolan) menjadi salah satu pilihan cara berkomunikasi. Hal ini pula yang membuat komunikasi menjadi lebih bervariatif sehingga banyak orang mencoba untuk memanfaatkannya. Gadget yang digunakan masyarakat saat ini telah menjadi kebutuhan. Pelaku usaha juga harus mampu memenfaatkan peluang tersebut. Salah satu pemanfaatannya adalah untuk promosi penjualan produk atau jasa dengan memanfaatkan media sosial. Pada penelitian ini penulis akan memfokuskan objek pada Sun Travel, sebagai salah satu usaha travel yang terbilang masih baru di Kota Puworejo, berdiri sejak November 2014. Seiring dengan meningkatnya persaingan di bisnis travel, banyak upaya yang telah dilakukan oleh Sun Travel dalam meningkatkan jumlah konsumennya. Salah satunya yaitu melalui promosi online, yang digunakan pihak Sun Travel melalui twitter, instagram, blackberry messenger, dan facebook diharapkan mampu menarik perhatian, minat, hasrat, tindakan, dan memberikan penutup yang baik.. Adanya penilaian yang baik atau tinggi dari konsumen pada promosi online diharapkan hal tersebut dapat mendorong konsumen untuk memutuskan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh promosi online dan secara parsial terhadap keputusan pembelian. Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah konsumen Sun Travel yang berada di Kota Purworejo. Cara pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel sebanyak 100 responden. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai koefisien regresi variabel promosi online (X1) sebesar 0,468 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Hal ini berarti promosi online berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dengan demikian, keseluruhan hipotesis yang diajukan terbukti dan dapat diterima. en_US
dc.publisher Manajemen-Fakultas Ekonomi en_US
dc.subject promosi online, keputusan pembelian en_US
dc.title Pengaruh Promosi Online terhadap Keputusan Pembelian en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account