Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama antara profesionalisme guru dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa Kelas XI TKR2 pada mata pelajaran kewirausahaan di SMK PN 2 Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016.
Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5% dari populasi 105 siswa diambil sampel 78 siswa. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket yang masing-masing sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan korelasi ganda.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa profesionalisme guru di SMK PN 2 Purworejo pada kategori sangat baik (44,87%), lingkungan sekolah pada kategori baik (57,70%), dan prestasi belajar pada ketegori baik (51,28%). Berdasarkan perhitungan korelasi parsial menunjukkan bahwa: (1) profesionalisme guru memberikan pengaruh sebesar 38,93% (rx1y = 0,624; t = 6,921; sig < 0,05) terhadap prestasi belajar, (2) lingkungan sekolah memberi pengaruh sebesar 32,71% (rx2y = 0,3271; t = 6,034; sig < 0,05) terhadap prestasi belajar. Hasil analisis korelasi ganda mengungkapkan ada pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama dari profesionalisme guru dan lingkungan sekolah sebesar 64,20% (R = 0,801; F = 67,301; sig < 0,05) terhadap prestasi belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa kelas XI TKR 2 di SMK PN 2 Purworejo tergolong baik. Terdapat sumbangan yang berarti, baik secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri dari profesionalisme guru dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas XI TKR 2 pada mata pelajaran kewirausahaan di SMK PN 2 Purworejo tahun pelajaran 2015/2016.