dc.description.abstract |
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk
mengetahui kemampuan representasi matematis mahasiswa calon guru
matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo.
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi.
Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah mahasiswa calon guru matematika
semester dua berjumlah empat siswa. Teknik pengambilan subjek pada penelitian
ini didasarkan pada mahasiswa yang memiliki keaktifan tinggi menurut beberapa
indikator. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes dengan lima soal
representasi matematis, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik
analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data,
penyajian data, dan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan secara umum
representasi matematis mahasiswa calon guru matematika Universitas
Muhammadiyah Purworejo tahun akademik 2016/ 2017 sebagai berikut:
1) mahasiswa sudah mampu membuat gambar bangun geometri untuk
memperjelas masalah dan memfasilitasi penyelesaian. Terlihat bahwa mahasiswa
mampu menggambar bangun kubus ataupun limas untuk memperjelas masalah
dan memfasilitasi penyelesaian; 2) mahasiswa sudah mampu menyelesaikan
masalah dengan melibatkan ekspresi matematis. Di sini mahasiswa sudah mampu
menggunakan ekspresi matematis seperti simbol-simbol matematika untuk
menyelesaikan masalah. Namun dalam menggunakan simbol-simbol, masih perlu
ditingkatkan; dan 3) Mahasiswa sudah mampu menjawab soal dengan
menggunakan kata-kata atau teks tertulis. Hal ini terlihat dari hasil tes maupun
wawancara, mahasiswa sudah mampu menjawab dengan menggunakan kata-kata
ataupun teks tertulis dengan sama baiknya. |
en_US |