Abstract:
Persaingan dalam bisnis jasa transportasi sekarang ini semakin pesat dan
bertambah maju. Banyak perusahaan dalam bidang sejenis saling bermunculan
sehingga membuat persaingan dalam mendapatkan dan mempertahankan
pelangganpun semakin ketat. Agar dapat bertahan didalam lingkaran persaingan,
perusahaan harus memiliki kemampuan memberikan kualitas pelayanan yang
terbaik guna meningkatkan kepuasan pelanggan.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan jasa
transportasi terhadap kepuasan pelanggan. Populasi penelitian ini adalah semua
pengguna jasa bus Rosalia Indah. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 120
orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dinilai dengan
skala Likert yang masing-masing sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat
validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dan
pengujian hipotesis.
Hasil analisis linier berganda menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang
terdiri dari lima variabel yaitu: Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance,
dan Empathy secara parsial dan simultan berpengaruh positif terhadap kepuasan
pelanggan.