Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penalaran matematis
dalam menyelesaikan soal matematika bentuk cerita non rutin pada siswa MTs
Ma’arif NU Pituruh Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian
kualitatif jenis fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII
MTs Ma’arif NU Pituruh. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 siswa. Teknik
pengambilan sumber data yang digunakan adalah purposive sampling dan bersifat
snowball sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian
soal matematika bentuk cerita non rutin, catatan lapangan, wawancara dan
dokumentasi. Teknik pengolahan data melalui tiga alur yaitu reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian diperoleh bahwa penalaran matematis dalam
menyelesaikan soal matematika bentuk cerita non rutin pokok bahasan bangun
ruang yaitu siswa mampu memperkirakan proses penyelesaian, hal tersebut
terlihat pada saat siswa memahami permasalahan kemudian menuliskan informasi
dan apa yang diketahui dari soal. Kemudian mampu menggunakan model untuk
menyelesaikan permasalahan, hal tersebut terlihat pada saat siswa membuat rumus
jumlah rusuk secara otomatis. Mampu menyusun argumen yang valid dengan
langkah-langkah yang sistematis, hal tersebut terlihat pada saat siswa
menganalisis masalah dan menghubungkan ide-ide dari masalah tersebut.
Selanjutnya mampu menarik kesimpulan yang valid, hal tersebut terlihat pada saat
siswa menggunakan kemampuan yang dimilikinya dalam menentukan kelayakan
dari jawaban dan dapat menarik kesimpulan yang valid, serta mampu
menggunakan cara yang lain untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, hal
tersebut terlihat pada saat siswa menyelesaikan dengan cara yang berbeda-beda
dan menemukan ide-ide yang baru untuk menghasilkan produk baru.