Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Analisis Penalaran Matematis dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bentuk Cerita pada Siswa Kelas VIII MTs Ma’arif NU Pituruh Tahun Pelajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.date.accessioned 2018-02-07T06:38:08Z
dc.date.available 2018-02-07T06:38:08Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1606
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penalaran matematis dalam menyelesaikan soal matematika bentuk cerita non rutin pada siswa MTs Ma’arif NU Pituruh Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif jenis fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU Pituruh. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 siswa. Teknik pengambilan sumber data yang digunakan adalah purposive sampling dan bersifat snowball sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian soal matematika bentuk cerita non rutin, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data melalui tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa penalaran matematis dalam menyelesaikan soal matematika bentuk cerita non rutin pokok bahasan bangun ruang yaitu siswa mampu memperkirakan proses penyelesaian, hal tersebut terlihat pada saat siswa memahami permasalahan kemudian menuliskan informasi dan apa yang diketahui dari soal. Kemudian mampu menggunakan model untuk menyelesaikan permasalahan, hal tersebut terlihat pada saat siswa membuat rumus jumlah rusuk secara otomatis. Mampu menyusun argumen yang valid dengan langkah-langkah yang sistematis, hal tersebut terlihat pada saat siswa menganalisis masalah dan menghubungkan ide-ide dari masalah tersebut. Selanjutnya mampu menarik kesimpulan yang valid, hal tersebut terlihat pada saat siswa menggunakan kemampuan yang dimilikinya dalam menentukan kelayakan dari jawaban dan dapat menarik kesimpulan yang valid, serta mampu menggunakan cara yang lain untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, hal tersebut terlihat pada saat siswa menyelesaikan dengan cara yang berbeda-beda dan menemukan ide-ide yang baru untuk menghasilkan produk baru. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject penalaran matematis, soal cerita non rutin en_US
dc.title Analisis Penalaran Matematis dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bentuk Cerita pada Siswa Kelas VIII MTs Ma’arif NU Pituruh Tahun Pelajaran 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account