Abstract:
Saat ini semakin banyak konsumen Indonesia yang melakukan pembelian tidak terencana. Lingkungan toko dan faktor sosial mampu mempengaruhi perilaku membeli konsumen, sehingga pemasar membutuhkan strategi yang tepat agar konsumen tertarik melakukan pembelian tak terencana. Tujuan penelitian ini, adalah untuk menguji pengaruh store image, store atmospherics, store theatrics, dan social factors secara parsial terhadap impulse buying pada Carrefour Artos Magelang dan untuk mengetahui variabel mana yang berpengaruh paling dominan terhadap impulse buying pada Carrefour Artos Magelang.
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang mengunjungi Carrefour Artos Magelang yang jumlahnya tidak dapat diketahui dengan pasti, sedangkan teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dinilai dengan skala likert yang terdiri dari lima pilihan jawaban. Kuesioner telah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan regresi linear berganda.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa 1) nilai koefisien regresi variabel store image (X1) sebesar 0,271 dengan nilai signifikansi sebesar 0,001; 2) nilai koefisien regresi variabel store atmospherics (X2) sebesar 0,308 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000; 3) nilai koefisien regresi variabel store theatrics (X3) sebesar 0,225 dengan nilai signifikansi sebesar 0,013; 4) nilai koefisien regresi variabel social factors (X4) sebesar 0,190 dengan nilai signifikansi sebesar 0,014. Hal ini menunjukkan bahwa keseluruhan hipotesis yang diajukan terbukti dan dapat diterima.