Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja siswa matematika elektronik dengan pendekatan discovery learning dan mengetahui kelayakan lembar kerja siswa terhadap hasil pengembangan lembar kerja siswa matematika elektronik dengan pendekatan discovery learning. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Reasearch and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka, observasi, angket, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data yang diperoleh dari hasil validasi para ahli, pengisian lembar respon siswa, dan hasil pekerjaan pada tes prestasi belajar berupa data kualitatif dan kuantitatif serta analisis data menggunakan persentase. Ujicoba lapangan dilaksanakan pada siswa kelas VIII-C SMP Negeri 5 Purworejo Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 32 siswa. Berdasarkan analisis kebutuhan dan analisis materi, menunjukkan bahwa perlu adanya media pembelajaran elektronik agar siswa dapat lebih memahami konsep materi peluang. Melalui kegiatan ini dilakukan kajian terhadap LKS Matematika Elektronik dengan Pendekatan Discovery Learning untuk Siswa SMP kelas VIII semester II. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rerata skor dari ahli media mencapai 83% dan ahli materi sebesar 80% dengan kategori sangat layak, sehingga LKS ini layak digunakan pada ujicoba terbatas dengan sedikit revisi. Respon siswa terhadap produk yang dikembangkan mencapai 83% dalam kategori sangat baik. Hasil tes prestasi belajar siswa memperoleh rata-rata 77 dan mencapai ketuntasan sebesar 53%. Dapat disimpulkan bahwa lembar kerja siswa matematika elektronik dengan pendekatan discovery learning untuk siswa SMP layak digunakan sebagai media pembelajaran.