Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengaruh Structural Assurance dan Perceived Reputation terhadap Trust Pengguna E-Commerce

Show simple item record

dc.contributor.author Eriyanti, Novi Agustina
dc.date.accessioned 2018-02-07T06:45:25Z
dc.date.available 2018-02-07T06:45:25Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1610
dc.description.abstract Internet erat kaitannya dengan manusia saat ini. Hal ini mendorong adanya era ekonomi baru, ditandai dengan munculnyabisnis internet disebut era ekonomi yang berbasis informasi (information based economy era). Internet tersebut merupakan sarana elektronik yang digunakan untuk berbagai aktivitas seperti komunikasi, riset, transaksi bisnis dan media pemasaran. Dampak internet menyebabkan banyaknya penyedia bisnis e-commerce yang dijadikan sebagai tren bisnis yang menggunakan media teknologi, seperti Kaskus, Lazada, Berniaga.com, OLX, dan lainnya. Adanya keamanan transaksi, maka resiko dalam bertransaksi pada layanan e-commerce dapat diminimalkan. Selain itu, perceived reputation juga diperlukan untuk membangun kepercayaan pada e-commerce. Oleh karena itu, membangun trust pada sistem e-commerce berdasarkan faktor structural assurance dan perceived reputation akan menciptakan keinginan konsumen untuk melakukan transaksi pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh structural assurance dan perceived reputation terhadap trust pengguna e-commerce. Populasi penelitian ini adalah semua pengguna internet yang pernah melakukan transaksi di sistem ecommerce di Kabupaten Purworejo. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dinilai dengan skala Likert yang masing-masing sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data adalah regresi linier berganda. Hasil analisis linier berganda dengan program SPSS versi 15 menunjukkan bahwa structural assurance dan perceived reputation berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap trust pengguna e-commerce. Dalam penelitian ini variabel yang paling besar mempengaruhi trust pada sistem e-commerce adalah structural assurance kemudian perceived reputation. en_US
dc.publisher Manajemen-Fakultas Ekonomi en_US
dc.subject structural assurance, perceived reputation, trust, e-commerce en_US
dc.title Pengaruh Structural Assurance dan Perceived Reputation terhadap Trust Pengguna E-Commerce en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account