Abstract:
Handphone bagi masyarakat saat ini sudah menjadi kebutuhan sehari-hari
sehingga mendorong masyarakat menjadi lebih konsumtif. Gaya hidup sebagai
aspek terluas dari lingkungan sosial makro dan terdapat dalam faktor pribadi
(personal) konsumen tentunya memiliki pengaruh yang kuat pada perilaku
pembelian, yang akhirnya menentukan keputusan pembeliannya. Aspek gaya
hidup meliputi aktivitas, minat dan opini yang akan menjadi talok ukur dalam
penentuan keputusan pembelian handphone Android.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menguji pengaruh aktivitas terhadap
keputusan pembelian konsumen, 2) menguji pengaruh minat terhadap keputusan
pembelian konsumen, 3) menguji pengaruh opini terhadap keputusan pembelian
konsumen.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Universitas
Muhammadiyah Purworejo. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan
metode purposive sampling dengan sampel sebanyak 100 responden. Metode
analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Data yang digunakan adalah
data primer yang dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Uji instrument
yang digunakan adalah product moment dan cronbach alpha untuk menguji
validitas dan reliabilitas, menunjukkan bahwa item valid dan reliabel. Analisis
data menggunakan uji regresi berganda.
Hasil Analisis data menunjukkan bahwa: 1) aktivitas berpengaruh positif
dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, 2) minat berpengaruh
positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, 3) opini
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen.