Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah pembelajaran
menggunakan PMRI berbantuan e-learning Schoology menghasilkan aktivitas dan
hasil belajar matematika yang lebih baik daripada model pembelajaran ceramah
pada materi bangun segi empat kelas VII MTsN Bener tahun pelajaran 2016/2017.
(2) mengetahui apakah penggunaan PMRI berbantuan e-learning Schoology
efektif pada pembelajaran materi bangun segi empat kelas VII MTsN Bener tahun
pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi pada
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN Bener tahun pelajaran
2016/2017 yang terdiri dari 7 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan
Simple Random Sampling, diperoleh dua kelas yaitu kelas VII E sebagai kelas
eksperimen dan kelas VII G sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data diperoleh
dengan metode dokumentasi, angket, lembar observasi dan tes. Uji normalitas
mengunakan metode Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan metode Bartlett.
Data dianalisis menggunakan uji t-multivariat dengan taraf signifikasi α = 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran PMRI
berbantuan e-learning Schoology memberikan hasil belajar yang lebih baik
daripada hasil belajar dengan metode ceramah. (2) model pembelajaran PMRI
berbantuan e-learning Schoology tidak efektif digunakan pada pembelajaran
bangun segi empat.