Abstract:
Sekarang ini banyak produk kosmetik yang ditawarkan dipasaran sehingga konsumen perlu melakukan pertimbangan dalam memilih kosmetik sesuai dengan kebutuhan dan keingianan mereka. Beberapa kosmetik yang saat ini bersaing dipasaran Pond’s yang diproduksi PT Unilever, Sariayu, Viva, Kerin, Maybelline, Pixi dan Olay. Pada penelitian ini peneliti memfokuskan penelitian pada konsumen menggunakan kosmetik Pond’s (bedak padat) yang berpindah pada kosmetik Wardah.Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh citra merek, word of mouth dan iklan terhadap keputusan perpindahan merek Pond’s ke Wardah di Kabupaten Purworejo.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang pernah menggunakan kosmetik Pond’s dan berpindah merek ke kosmetik Wardah. Sampel penelitian ini berjumlah 130 orang.Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang pengujian hipotesis menggunakan regresi linier berganda.
Analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel citra merek berpengaruh positif dengan nilai b sebesar 0,169 dansignifikan (Pvalue 0,048). Word of mouth berpengaruh positif dengan nilai b sebesar 0,285 dan signifikan(Pvalue 0,001). Iklan berpengaruh positif dengan nilai b sebesar 0,176 dansignifikan (Pvalue 0,045). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variabel yang paling besar mempengaruhi keputusan perpindahan merek adalah word of mouth.