Abstract:
Semakin ketatnya persaingan diantara operator seluler serta jumlah pelanggan
yang memang sudah melebihi setengah jumlah penduduk Indonesia, menyebabkan
turunnya pertumbuhan pelanggan dan profitabilitas tiap operator seluler. Hal ini juga
dialami Telkomsel pada kartu simpati sebagai market leader di sektor telepon
bergerak. Untuk memperoleh profitabilitas yang tinggi pada perusahaan, perlu adanya
upaya untuk meningkatkan customer loyalty karena customer loyalty adalah kunci
profitabillitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh trust in brand,
switching cost dan customer satisfaction terhadap customer loyalty pada pengguna
kartu seluler prabayar simpati di Purworejo.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua pengguna kartu seluler prabayar
simpati di Purworejo. Sampel penelitian ini berjumlah 100 orang. Instrumen
pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dinilai dengan skala likert yang
masing-masing sudah diuji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas.
Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linear berganda.
Hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa variabel trust in
brand, switching cost dan customer satisfaction berpengaruh positif dan signifikan
terhadap customer loyalty pada kartu seluler prabayar simpati.