Abstract:
Persaingan bisnis di Indonesia semakin berkembang, terlebih pasar
modern kini menawarkan berbagai macam produk dan jasa, sehingga konsumen
akan memiliki banyak pilihan untuk berkonsumsi, sehingga akan muncul gaya
hidup dan pola belanja pada masyarakat. Perilaku konsumen tersebut menarik
munculnya pembelian tak terencana yang didasari oleh shopping lifestyle, fashion
involvement dan hedonic shopping value. Penelitian ini bertujuan untuk menguji
pengaruh shopping lifestyle, fashion involvement dan hedonic shopping value
terhadap impulse buying behavior pada konsumen Sakola Yogyakarta.
Shopping lifestyle, fashion involvement dan hedonic shopping value
terhadap impulse buying behavior. Populasi penelitian ini adalah semua yang
pernah berbelanja di Sakola Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini berjumlah
130 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dinilai
dengan skala Likert yang masing-masing sudah diuji cobakan dan telah memenuhi
syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan regresi linier berganda
dan pengujian hipotesis.
Hasil analisis linier berganda menunjukkan bahwa shopping lifestyle,
fashion involvement dan hedonic shopping value secara parsial berpengaruh
positif dan signifikan terhadap impulse buying behavior.